Sri Mulyani Jadi Menkeu Terbaik Se-Asia Pasifik Terbukti Lewat Ekonomi Indonesia Yang Lebih Baik

Sebenarnya ini bukan kali pertama di mana Sri Mulyani Indrawati terpilih sebagai Menteri Keuangan terbaik di Asia Pasifik, versi majalah keuangan FinanceAsia, tapi sudah tiga kali berturut-turut! Di tahun 2019 namanya pun terpilih kembali atas kinerja aktual yang ditunjukkan selama tahun lalu.

Sri Mulyani dianggap berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik, dengan mencatatkan defisit anggaran terendah dalam enam tahun terakhir pada 2018, adalah 1,76 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB),” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Nufransa Wira Sakti dilansir dari Kumparan.

Program Amesti Pajak yang diluncurkan tahun 2016-2017 terbilang sukses, alasannya berhasil meningkatkan kepatuhan pajak, sampai akibatnya berhasil meningkatkan penerimaan perpajakan. Selain itu, melalui Global Green Sukuk, Indonesia juga jadi negara Asia pertama yang menjual green bonds, surat utang yang dipakai secara spesifik untuk membiayai proyek-proyek terkait iklim dan lingkungan, yang terjual sampai USD 1,25 milliar.

Nilai tukar rupiah juga cukup stabil ditengah perang dagang yang melibatkan AS dan China, yang dilakukan Sri Mulyani bersama Bank Indonesia (BI). Sedangkan di bawah nama Sri Mulyani ada Carlos Dominguez diperingkat kedua, Hang Swee Keat dari Singapura, Josh Fryedenberg dari Australia. Peringkat kelima sendiri diisi Paul Chan dari Hongkong, disusu Piyush Goyal dari India dan Liu Kun dari China.