Saat Depresi Otak Seseorang Akan Lebih Renta 10 Tahun Bung!

Usia bertambah, semakin besar tanggung jawab dan tekanan yang dirasakan di dalam hidup. Makara masuk akal saja jikalau bung mencicipi stres hingga depresi. Nah, rasa depresi yang bung alami akan berimbas pada penuaan otak. Penelitian yang dilakukan ilmuwan di Universitas Yale telah memindai otak orang-orang yang depresi pada usia 40-50 tahun. Pemindaian itu menunjukkan adanya keraptan sinaptik atau jumlah koneksi di otak.

Sinaptik yaitu koneksi antar neuron yang memungkinkan gosip untuk melintas di wilayah otak. Ada sekitar 100 miliar neuron di otak yang masing-masing terhubung hingga sebanyak 10.000 koneksi. Penulis utama Dr Irina Esterlis menyampaikan bahwa pemindaian dengan PET menunjukkan bahwa kerapatan sinaptik 2-3 persen lebih rendah pada orang depresi kronis. Dan ini menciptakan usia otak menjadi lebih renta 10 tahun dari usia sebenarnya.

Orang depresi dapat berpotensi buruk, dan kita dapat melihat individu itu mempunyai kerapatan di hippocampus yang mungkin akan menderita Alzheimer,” ujar Esterlis.

Parahnya lagi, depresi juga dapat memicu kehilangan memori lebih awal, kabut otak, bicara yang melambat, dan bahkan lebih awal berisiko terkena penyakit yang berkaitan dengan usia menyerupai Alzheimer.