Oke, Ini 9 Hal Yang Perlu Kita Lakukan Ketika Kaya Mendadak

Kaya mendadak tak cuma penghias dongeng fiksi, alasannya ialah hal itu sangat mungkin terjadi di dunia nyata. Mulai dari menang judi bola, sanggup warisan nenek moyang hingga urusan kaya mendadak jawaban sanggup gusuran tanah yang terkena proyek pemerintah. Apapun itu, bekerjsama selalu ada peluang untuk sanggup kaya mendadak. Pertanyaannya, bila Bung dihadapkan dengan situasi yang demikian, sudah siapkah mental Bung untuk menghadapinya?

Masalahnya, banyak orang yang tiba-tiba sanggup punya banyak uang tapi tak diiringi dengan mental untuk menghadapi perubahan seiring datangnya uang tersebut. Alih-alih sejahtera hingga tujuh turunan, yang terjadi justru lebih sering uang yang tiba-tiba tiba habis begitu saja. Untuk itu, pastikan dulu Bung siap melaksanakan 9 hal ini bila sewaktu-waktu kaya mendadak.

Situ OKB? Jangan Tergoda Untuk Pamer

Kaya mendadak tak cuma penghias dongeng fiksi Oke, Ini 9 hal yang Perlu Kita Lakukan Saat Kaya Mendadak

Hal paling norak yang dilakukan para OKB (Orang Kaya Baru) ialah pamer ke semua orang. Padahal hal paling penting ialah tetap utamakan privasi. Tak usah pamer atau memberitahukan banyak kolega kalau finansial Bung kini sedang ‘naik level’. Prioritas utama ketika Bung mempunyai banyak uang ialah soal privasi.

Bila Bung justru memamerkan dengan terang keberadaan uang ini yang tiba-tiba mengubah hidup Bung, maka siap-siaplah untuk menyambut kedatangan ‘teman-teman palsu’ secara bertubi-tubi. Besar kemungkinan teman-teman macam ini yang akan menghabiskan duit kita secara cepat. Jadilah bijak, biarkan sekeliling Bung tahu bila waktunya memang sudah tepat.

Lunasi Dulu Semua Hutang Bung, Jangan Menunda untuk Prioritas yang Satu Ini

Kaya mendadak tak cuma penghias dongeng fiksi Oke, Ini 9 hal yang Perlu Kita Lakukan Saat Kaya Mendadak

Ada banyak orang yang terlanjur terlena dengan uang yang dimilikinya sehingga ia tak keberatan memakainya untuk belanja banyak hal yang tak perlu. Padahal, prioritas lainnya ketika Bung mengantongi banyak uang ialah lunasi dulu semua hutang Bung. Perasaan lega lantaran hutang lunas jauh lebih menyenangkan dibanding berbelanja barang mahal tapi setoran hutang masih mengintai. Hal penting lainnya, usahakan untuk tidak berhutang lagi ya Bung.

Kaya Mendadak Bukan Alasan yang Tepat Bung Memilih Keluar dari Pekerjaan

Kaya mendadak tak cuma penghias dongeng fiksi Oke, Ini 9 hal yang Perlu Kita Lakukan Saat Kaya Mendadak

Ini memang salah satu godaan paling luar biasa. Terbayang muka bos yang menyebalkan itu jikalau kita tiba-tiba menyatakan diri ingin resign lantaran sudah kaya raya. Tapi, Janganlah jadi langsung yang terburu-buru.

Tak usah keluar alias resign dari pekerjaan yang Bung lakoni sekarang. Justru dengan menentukan keluar seakan-akan Bung tak perlu lagi bekerja dan honor dari kawasan Bung bekerja sekarang, sanggup jadi ini ialah sumber kekacauan pertama yang berpotensi menciptakan Bung gulung tikar mendadak di masa depan.

Dari sejumlah penelitian ditemukan, tidak ada orang yang betah tidak melaksanakan acara apapun. Bahkan orang paling malas sekalipun lekas bosan kalau tak punya kegiatan. Sekarang bayangkan kalau Bung resign dan tiba-tiba tak punya aktivitas, apa yang akan Bung lakukan? Mencari acara mulai dari jalan, berbelanja, liburan, menjalankan hobi dan hal-hal lainnya yang jelas-jelas akan menguras kekayaan.

Simpan Uang Bung dan Diamkan Setidaknya Selama Enam Bulan

Kaya mendadak tak cuma penghias dongeng fiksi Oke, Ini 9 hal yang Perlu Kita Lakukan Saat Kaya Mendadak

Mendiamkan uang selama enam bulan kelihatannya terlalu lama? Tidak juga Bung. Justru Bung dianjurkan melaksanakan hal ini lantaran Bung perlu memproses perubahan yang terjadi dengan sebaik dan sebijak mungkin seiring datangnya uang tersebut. Percayalah, kini ini niscaya Bung merasa setiap hal dalam hidup Bung berubah seketika.

Padahal sejatinya yang berubah hanyalah kondisi finansial Bung, sementara abjad dan pengendalian diri Bung tetap sama. Jangka waktu selama enam bulan akan menciptakan Bung berguru mengontrol diri terhadap impian yang sifatnya impulsif. Mungkin akan ada insiden menarik nan dramatis. Yang penting, nikmati saja masa-masa itu selama kira-kira enam bulan lamanya.

Mencari Instrumen Investasi yang Tepat Seharusnya Pun Sudah Masuk dalam Daftar Prioritas yang Ingin Bung Penuhi

Kaya mendadak tak cuma penghias dongeng fiksi Oke, Ini 9 hal yang Perlu Kita Lakukan Saat Kaya Mendadak

Investasi terang perlu. Uang yang Bung miliki anggap saja sebagai sebuah tunas kecil yang perlu ditanam sehingga ia nantinya tumbuh jadi pohon yang kokoh. Investasi pun perlu lantaran disinilah Bung berguru rasanya jadi orang kaya. Terlebih bila Bung tak terbiasa ‘menanam uang’, maka investasi ialah kawasan terbaik untuk berguru lebih bijak lagi mengendalikan uang.

Kuncinya, pastikan Bung mempunyai perencana atau penasehat keuangan yang akan mengarahkan Bung pada instrumen investasi yang sempurna serta mengajarkan konsep kalau uang ialah sesuatu yang bergerak. Ia sanggup tumbuh, kolam sebatang pohon. Belajarlah memakan buah (hasil investasi) dari pohon tersebut. Dan bukan terburu-buru menebang pohonnya (mengambil modal).

Jangan Cari Kemewahan, Justru Carilah Kenyamanan

Kaya mendadak tak cuma penghias dongeng fiksi Oke, Ini 9 hal yang Perlu Kita Lakukan Saat Kaya Mendadak

Sekalipun ada istilah yang menyampaikan semua sanggup dibeli dengan uang, tapi menetapkan batasan niscaya pada diri Bung. Pasti ada impian dalam diri untuk berbuat spontan mencari kemewahan menyerupai yang sudah Bung idam-idamkan semenjak lama. Tak usah menuruti nafsu spontan ini Bung. Jika hendak beli rumah, carilah yang sekiranya nyaman.

Tak perlu mencari rumah di lingkungan old money alias mereka yang kaya raya semenjak lama. Justru beli rumah di lingkungan yang demikian tak akan menguntungkan Bung. Banyak biaya pemanis yang akan dibebankan sepanjang tahun. Dan itu lambat laun hanya akan menciptakan Bung kembali berhutang.

Siapa Bilang Saat Banyak Uang Harus Baik Pada Teman?

Kaya mendadak tak cuma penghias dongeng fiksi Oke, Ini 9 hal yang Perlu Kita Lakukan Saat Kaya Mendadak

Maksudnya kali ini, Bung dianjurkan untuk tak usah menginvestasikan apapun pada bisnis temanmu atau meminjamkan uang padanya. Justru hal in akan menciptakan privasimu jadi terancam dan orang-orang tahu kalau kau punya banyak uang. Bung dijadikan incaran oleh mereka yang punya banyak planning bisnis, hutang besar, suntikan dana, bahkan butuh modal secara cuma-cuma.

Apalagi semua pakar bisnis tahu bahwa 9 dari 10 bisnis gres itu niscaya bangkrut. Kaprikornus alau Bung memberi modal kepada kerabat atau sahabat kemudian bisnis tersebut bangkrut, hal itu bukan tak mungkin akan merusak korelasi baik yang telah terjalin selama ini.  

Investasi Lainnya yang Perlu Bung Lakukan: Investasi Kesehatan

Kaya mendadak tak cuma penghias dongeng fiksi Oke, Ini 9 hal yang Perlu Kita Lakukan Saat Kaya Mendadak

Ya, tetap fokuslah jaga kesehatan. Dengan jumlah uang yang cukup besar di tabungan Bung, mungkin Bung berpikir saatnya menikmati hidup selagi masih diberi umur. Tapi jangan lupakan urusan kesehatan. Bung perlu lakukan full medical check up untuk memastikan kondisi badan Bung, dan mulailah untuk memperhatikan kesehatan dimulai dari menentukan makanan yang konsumsi dan cari cara untuk semakin menciptakan diri jadi sehat. Untuk apa kaya tapi tak didukung badan yang sehat? Ujung-ujungnya tetap menderita, Bung.

Jangan Selingkuh Atau Buru-buru Cari Pasangan Baru

Kaya mendadak tak cuma penghias dongeng fiksi Oke, Ini 9 hal yang Perlu Kita Lakukan Saat Kaya Mendadak

Membaiknya urusan finansial seharusnya sanggup mempererat korelasi keluarga atau korelasi suami istri yang sempat berselisih paham. Tapi kenyataannya tak demikian, justru banyak yang menganggap uang sanggup membeli segalanya. Termasuk pasangan baru. Bila sudah begini, tandanya bukan Bung yang mengendalikan uang, tapi uanglah yang mengendalikan Bung.

Selingkuh dari pasangan hanya akan mengantarkan Bung pada problem gres dan awal-awal kehancuran korelasi dan finansial. Coba bayangkan pasangan gres yang Bung temui ketika sudah punya uang besar kemungkinan gaya hidupnya juga tak sesederhana pasangan yang dulu ikut berjuang di sebelah Bung bukan?

Nah, untuk itu, menjadi kaya mendadak memang perlu mental untuk siap pada perubahan di depan mata. Semakin banyak uang yang dimiliki, semakin banyak orang yang akan mengakibatkan Bung sebagai target. Kini orang-orang akan berpikir bagaimana caranya meraup uang yang Bung miliki. Ya, orang-orang sanggup jadi jahat sewaktu-waktu.

Nyatanya, punya uang ialah suatu pekerjaan besar. Jika Bung kira hidup akan lebih gampang ketika punya uang, sejatinya tidak juga. Bisa jadi satu problem selesai, justru muncul problem lainnya. Tapi dengan mempunyai mental yang siap pada perubahan, percayalah, jadi kaya mendadak justru akan terasa menyenangkan.