Lagu Tak Berhenti Ketika Diciptakan, Tapi Harus Dipasarkan

Mungkin mimpi bung salah satunya yakni jadi musisi kondang atau rockstar. Digilai nona-nona, fans di mana-mana, nama selalu harum dipuja-puja. Karya jadi jembatan untuk merealisasikan mimpi. Tapi karya yang dibentuk tak sanggup berhenti ketika diciptakan, tapi harus dipasarkan jikalau mau mimpi tersebut jadi kenyataan. Memasarkan bertujuan menjamah telinga-telinga para penikmat musik di luar sana.

Memasarkan atau promosi sebuah karya menyerupai lagu tidak diketahui secara baik oleh orang awam. Mungkin beberapa dari mereka tak bertujuan untuk terkenal, tapi aji mumpung. Kalau terkenal alasannya yakni lagunya ya syukur, jikalau tidak pun, tak jadi masalah. Banyak orang yang mempunyai hobi bermain alat musik dan sanggup menciptakan lagu menarik (selera). Tapi tak paham bagaimana cara memasarkan. Mengandalkan sosmed saja tidak cukup untuk menjamah orang diluar followers-mu.

Maka dari itu, bagi bung yang niat atau iseng promosi lagunya, sanggup simak beberapa cara di bawah ini.

Manfaatkan Platform yang Tersedia Seperti SoundCloud

Mungkin mimpi bung salah satunya yakni jadi musisi kondang atau  Lagu Tak Berhenti Saat Diciptakan, Tapi Harus Dipasarkan

Mengunggah sebuah lagu di internet jadi siasat gres untuk promosi. Tidak hanya Youtube, SoundCloud juga terkenal dipakai untuk memasarkan karya. Banyak musisi hingga grup band indie yang terkenal berkat platform ini. Soundcloud membebeaskan pengunjung untuk mendengarkan musik. Bung sanggup mengatur akun bung, apakah lagu yang diunggah sanggup di-download secara massal.

Pada 2012, nama Rendy Pandugo tersiar di SoundCloud dan dijuluki John Mayer Indonesia. Rendy sanggup dibilang mengawali karir bermusik lewat platform distribusi bunyi online ini. Sekarang, ia telah digandeng label besar, Sony Music Entertainment Indonesia yang telah merilis album The journey tahun 2017.

Membuat Demo dan Disebarkan ke Radio

Mungkin mimpi bung salah satunya yakni jadi musisi kondang atau  Lagu Tak Berhenti Saat Diciptakan, Tapi Harus Dipasarkan

Tak ada yang menang besar jikalau tak bertaruh besar. Istilah ini rasanya pas untuk bung yang berniat memasarkan lagunya. Dengan cara merekam lagu anyar yang diciptakan ke compact disc (CD) dan cetak banyak untuk disebarkan ke radio.

Biasanya para Music Director akan me-review. Apabila mereka srek, otomatis akan ada kelanjutan dari itu semua. Bisa diputar hingga diulas wacana lagumu di Radio tersebut. Perlu diingat, kualitas rekaman harus dimaksimalkan biar sound tidak berantakan.

Coba Juga Kekuatan Press Release!

Mungkin mimpi bung salah satunya yakni jadi musisi kondang atau  Lagu Tak Berhenti Saat Diciptakan, Tapi Harus Dipasarkan

Cara termudah biar lagu dan dirimu sanggup dilirik oleh media yakni dengan buat press release. Bung sanggup kerjakan sendiri atau meminta tolong teman yang kebetulan piawai dalam menulis. Sertakan foto yang anggun sekaligus tautan lagu yang sudah diunggah. Atau melampirkan file dalam format MP3.

Otomatis media sanggup memperhitungkan apakah lagu bung layak untuk diberitakan atau tidak. Biasanya cara ini terbilang efektif, asalkan dalam penulisan press release semua hal tertera lengkap. Seperti info wacana diri bung, lagu menceritakan apa, pernah pentas di mana dan genre apa.

Jangan Malas Riset Media, Sebelum Sebar Press Release yang Bung Punya

Mungkin mimpi bung salah satunya yakni jadi musisi kondang atau  Lagu Tak Berhenti Saat Diciptakan, Tapi Harus Dipasarkan

Sebelum bung tetapkan untuk mengirim, sebaiknya riset dulu media mana saja yang ingin bung kirim. Apakah ada peluang naik menjadi informasi atau tidak? Karena tidak semua media mau memberitakan wacana seseorang yang belum mempunyai nilai berita. Memahami media yang dituju menjadi cara yang baik bagi musisi pemula. Biasanya ada beberapa media non-mainstream yang mau memberitakan wacana musisi pemula.

Jangan hingga bung asal kirim, ketahui apakah media tersebut biasa mengakomodir informasi wacana musik atau tidak? Dan apakah memang sering memberitakan wacana musisi pemula. Intinya rajin mengulik beberapa media musik. Di sisi lain, berbagi ke media besar pun tidak salah. Siapa tahu bung mempunyai kenalan jurnalis yang sekiranya sanggup menyelipkan wacana bung di media ia bekerja. Meskipun terlihat untung-untungan dengan cara press release, tapi ini cara yang efektif.

Rogoh Kocek Lebih, Buat Video Menarik Agar Pendengar Tertarik

Mungkin mimpi bung salah satunya yakni jadi musisi kondang atau  Lagu Tak Berhenti Saat Diciptakan, Tapi Harus Dipasarkan

Era internet menyerupai ini, memang harus dimanfaatkan dengan baik. Banyak yang berubah nasibnya lewat keperkasaan internet. Dari nothing jadi something. Bung sanggup menciptakan video ketika memainkan lagu ciptaan. Tentu saja, bung tidak asal merekam dengan kamera gawai yang ditaruh di sudut meja, dan bung gitaran sambil duduk di kamar yang berantakan. Namun yang kami maksud yakni menciptakan video yang niat, bung jamming di studio dan menggunakan kamera berkualitas. Video ini jadi garda terdepan untuk memunculkan aksara sebagai musisi.

Bung sanggup minta derma teman di sosial media, untuk share video ketika bung sedang jamming. Saran ini sanggup menggaungkan video bung untuk terdengar luas hingga dinikmati secara global lho. Unggah video tersebut ke Youtube, kalau sanggup tautkan link video ke semua sosmed yang bung punya dan share ke mana saja. Tak mungkin teman sekeliling tak melihat, sanggup jadi ada yang membantu share.

Gimana bung, mulai terfikir untuk memasarkan belum?