Hari Sarung Akan Dicanangkan, Bung Siap Mengenakan?

Baru-baru ini Presiden Jokowi habis menghadiri Festival Sarung Indonesia 2019 di Gelora Bung Karno, Jakarta. Setelah hadir, dia terfikir untuk mencanangkan pemakaian sarung dalam satu hari dengan alasan bentuk penghargaan budaya Indonesia. Apabila terealisasi, apakah bung siap untuk mengenakan?

Memang belum jelas, bagaimana hari sarung itu berjalan bung. Bisa saja, ketika di kantor bung mengenakan sarung dan tidak mengenakan celana panjang, kan? itu gres bayangan kami saja ketika menyikapi akan dicanangkan hari sarung. Jokowi berujar jikalau pemakaian sarung dapat saja ditetapkan satu kali dalam seminggu atau dalam sebulan. Harapan dia malah diterapkan setiap hari.

Saya akan mengajak nantinya, ini gres akan kita tentukan setiap hari tertentu dalam satu bulan kita menggunakan sarung bersama-sama,” kata Jokowi dilansir Tempo.

Kain yang biasa dikenakan seseorang beragama muslim untuk beribadah, juga mempunyai nilai filosofi berdasarkan mantan Gubernur DKI ini.

Ini kekayaan budaya kita yang harus ditempatkan di tempat paling baik sebagai penghargaan kita atas karya dan produksi setiap provinsi, yang berbeda-beda corak motif dan warna,” ujarnya.

Jokowi juga menyampaikan jikalau sarung yakni identitas kekayan budaya yang dimiliki Indonesia. Ia juga memaerkan sarung songket Donggala bewarna merah yang dikenakan dihadapan peserta.

Yang lain pakai sarung ndak? Saya tadi melihat beberapa provinsi yang kita miliki semuanya mempunyai produksi sarung, baik berupa tenun, ada yang berupa songket, batik, dan jenis-jenis sarung lainnya,” katanya.

Semua stan sarung aneka macam kawasan dihampiri oleh Jokowi, kesempatan belaja menenun sebuah kain juga dilakoni didampingi penenun asal Gresik.

Kalau Hari Sarung terealisasi, apakah dalam acara kantor kita akan menggunakan sarung atau tidak ya bung?