Cara Merawat AC Mobil Agar Selalu Dingin

Cara merawat AC mobil memang harus dilakukan dengan benar. Pasalnya, Air Conditioner (AC) bisa dikatakan sebagai salah satu komponen paling vital yang ada pada mobil sebab komponen yang satu ini akan berpengaruh pada kenyamanan penumpang dan pengemudi yang ada di dalamnya.

Terlebih saat musim panas, keberadaan AC akan sangat terasa perannya untuk membuat kondisi di dalam mobil tetap terasa sejuk. Bila sudah rusak parah, segeralah bawa ke bengkel specialist ac yang mekaniknya sudah mendapatkan kursus ac mobil secara khusus sehingga anda akan bebas dari rasa khawatir.

Bahkan saat musim penghujan AC tetap memiliki peranan yang cukup membantu pengemudi untuk menjalankan kendaraan secara lebih aman karena membuat kaca tidak mudah berkabut.

Untuk itu sangat lah penting cara merawat AC mobil yang baik dan benar, agar fungsinya tetap berjalan normal. Pasalnya, mengemudikan mobil saat hujan dengan kaca terbuka justru akan terasa sangat mengganggu karena air hujan bisa masuk ke dalam mobil melalui celah jendela.

Meski memang terasa lebih nyaman, namun mobil yang dilengkapi dengan AC juga tak lepas dari masalah. Misalnya saja pernahkah Anda bercucuran keringat di dalam mobil meskipun AC yang ada di dalamnya sudah dinyalakan dengan maksimal?

Atau mungkin pernahkah Anda mencium bau tak sedap di ruangan mobil justru ketika AC mulai dinyalakan?

Hal tersebut bisa saja terjadi karena cara merawat AC mobil yang salah.

Cara Merawat AC Mobil

Berikut ini adalah beberapa cara merawat AC mobil agar tetap dingin, awet, dan berfungsi dengan baik:

  1. Cara merawat AC mobil yang pertama, tentu saja menjaga kebersihan bagian dalam mobil. Rajin-rajinlah membersihkan kabin dari kotoran dan debu terutama ketika mobil habis dipakai untuk berkendara atau ketika digunakan untuk membawa banyak penumpang. Karpet bagian depan merupakan daerah yang paling rentan kotor, jadi harus mendapatkan perhatian khusus agar tidak memicu timbulnya masalah pada AC mobil.
  2. Pastikan Anda tidak mengendarai mobil dengan posisi jendela terbuka juga termasuk cara merawat AC mobil secara sederhana, terlebih dengan menyalakan sistem pendingin yang ada pada mobil. Pasalnya hal ini akan mengakibatkan debu atau kotoran dari luar masuk ke dalam mobil. Debu atau kotoran ini akan masuk dan mengotori AC sehingga membuat kinerja mesinnya untuk mendinginkan ruangan mobil menjadi kurang optimal dan bisa menimbulkan bau tidak sedap.
  3. Hindari kebiasaan merokok di dalam mobil terutama ketika AC sedang dinyalakan. Asap rokok yang masuk ke dalam AC akan membuat kandungan nikotinnya mengotori evaporator dan membuatnya berlendir sehingga AC mengeluarkan bau tidak sedap.
  4. Jangan langsung menyalakan AC ketika mobil dihidupkan adalah cara merawat AC mobil yang paling ringan dan jarang disadari. Pastikan AC dalam keadaan mati dan baru dihidupkan saat mesin mobil kinerjanya sudah cukup stabil.

Itulah beberapa cara merawat AC mobil agar tetap dingin yang bisa dilakukan untuk membuatnya bisa berfungsi dengan baik untuk mendinginkan kabin mobil dan tetap awet. Semoga bermanfaat J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *