Cara Mengurus Bpkb Yang Hilang

BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) yakni sebuah dokumen penting sebagai tanda bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang dimiliki oleh seseorang. Buku ini diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Indonesia. Bagi setiap pemilik kendaraan, baik sepeda motor maupun kendaraan beroda empat harus mempunyai BPKB sebagai bukti kepemilikan yang sah terhadap kendaraan tersebut. Untuk itu BPKB harus disimpan dengan aman, alasannya yakni jikalau dokumen ini hilang maka Anda sudah tidak mempunyai bukti sebagai pemilik kendaraan yang sah.
Sebagai sebuah dokumen penting, BPKB memang harus dijaga dan disimpan dengan baik biar tidak rusak atau hilang. Jika BPKB hilang maka Anda harus segera melaporkannya ke Kepolisian dan mengajukan pembuatan BKPB yang gres di Kantor SAMSAT terdekat. Berikut ini cara menciptakan BPKB gres yang hilang yang sanggup Anda lakukan sendiri :
Menyiapkan Berkas Persyaratan
1. Surat Keterangan Kehilangan BPKB dari Kepolisian.
2. Berita Acara Pemeriksaan dari Bareskrim.
3. Dokumen penting lainnya :
  • Untuk Perorangan : KTP/SIM yang masih berlaku
  • Untuk Instansi Pemerintah : Surat Keterangan Kepemilikan BPKB Instansi terkait yang ditanda tangani oleh pimpinan dan distempel.
  • Untuk Badan Hukum : Salinan Akta Pendirian dan foto copynya, Surat Keterangan Domisili, Surat Kuasa bermaterai yang ditanda tangani oleh pimpinan dan distempel.
4. Surat Pernyataan BPKB hilang disertai materai dan ditandatangani pemilik
5. Bukti Pemasangan Iklan di media cetak sebanyak 2 kali dalam 2 bulan.
6. Surat Ketrangan dari Bank bahwa BPKB tidak berstatus sebagai jaminan atau agunan.
7. STNK orisinil dan foto copy
8. Foto copy BPKB yang hilang atau nomor BKPB jikalau Anda ingat.
Mendatangi Kantor SAMSAT
Setelah semua berkas persyaratan telah Anda siapkan, selanjutnya silahkan Anda tiba ke Kantor SAMSAT untuk melaksanakan proses pengajuan pembuatan BPKB yang baru.
1. Kunjungi loket pembuatan BPKB untuk mengisi Formulir Permohonan BPKB
2. Setelah mengisi formulir, kunjungi bab Cek Fisik untuk cek fisk kendaraan.
3. Siapkan Identitas diri (KTP/SIM).
4. Kunjungi loket BPKB untuk menyerahkan semua berkas persyaratan
5. Selanjutnya kunjungi loket Bank untuk melaksanakan pembayaran
6. Kembali ke loket pembuatan BPKB dan mendapatkan bukti penyerahan berkas persyaratan. Simpan bukti tersebut dengan baik untuk dipakai mengambil BPKB yang gres pada ketika yang ditentukan oleh pihak SAMSAT.
Demikian Cara Mengurus BPKB Yang Hilang yang sanggup Anda lakukan sendiri. Proses menciptakan BPKB gres memang memakan waktu dan sedikit merepotkan. Jika Anda masih belum mengerti, tanyakan kepada petugas yang ada, hati-hati dengan calo. Semoga bermanfaat.