Cara Mengetahui Berlian Orisinil Atau Palsu

Berlian merupakan salah satu watu mulia termahal di dunia. Pesona keindahan berlian bisa menarik minat setiap orang untuk memilikinya, terutama kaum wanita. Mengingat harganya yang sangat mahal maka perlu kehati-hatian dan ketelitian ketika ingin membelinya, apakah berlian yang akan dibeli yaitu berlian orisinil atau palsu. Untuk bisa membedakan mana berlian yang orisinil dan yang palsu maka Anda harus mempunyai pengetahuan ihwal berlia supaya natinya Anda tidak gampang tertipu.
Bagi Anda yang tertarik dengan pesona keindahan berlian dan ingin membelinya, berikut ini cara membedakan berlian orisinil dan palsu yang sanggup Anda lakukan :
Menggunakan Loupe atau Kaca Pembesar
Loupe atau beling pembesar sanggup Anda gunakan untuk mengamati berlian. Coba amati dengan baik, kalau berlian orisinil hasil penambangan alami maka biasanya mempunyai abnormalitas kecil alami (Inklusi) dan terdapat potongan kecil mineral lain atau perubahan warna yang sangat halus pada berlian tersebut. Berlian orisinil juga mempunyai ujung tepi yang tajam, sementara yang palsu mempunyai ujung tepi yang bulat. Semua hal tersebut sanggup Anda lihat dengan loupe atau beling pembesar.
Menggunakan Tes Pengembunan
Cara ini terbilang gampang yaitu dengan meletakan berlian didepan lisan Anda, kemudian hembuskan nafas Anda kepermukaan datar berlian menyerupai Anda menghembuskannya ke permukaan cermin supaya berembun. Pada berlian yang asli, embun yang melekat pada permukaannya akan segera memudar, sedangkan pada berlian palsu, embun yang melekat akan bertahan beberapa detik.
Memperhatikan Keterbiasan Cahaya Berlian
Berlian yang orisinil akan membelokan cahaya yang melaluinya sehingga penampilan terlihat sangat terang. Cahaya yang masuk akan terhalangi dan oleh alasannya yaitu itu kalau kau meletekannya diatas buku, maka goresan pena pada buku yang tertutupi oleh berlian tidak akan sanggup dilihat atau dibaca. Jika goresan pena pada buku itu masih bisa dilihat dan dibaca, maka berlian tersebut yaitu palsu.
Memperhatikan Bayangan Berlian
Bayangan berlian yang orisinil mempunyai pantulan warna keabu-abuan. Coba Anda lihat lurus dari atas berlian, kalau Anda melihat pantulan warna pelangi, maka kemungkinan besar berlian tersebut mempunyai kualitas yang rendah atau berlian itu palsu. Berlian yang orisinil juga akan meperlihatkan kilaunya dari banyak sekali sisi, sedangkan yang palsu biasanya hanya pada bab atasnya saja.
Menenggelamkan Berlian
Berlian mempunyai tingkat kerapatan yang tinggi sehingga akan pribadi karam kalau dimasukan ke dalam air. Coba isi penuh gelas dengan air kemudian masukan berlian Anda. Jika berlian itu orisinil maka akan pribadi tenggelam, kalau palsu maka akan mengapung dipermukaan atau melayang ditengah gelas. Saat melaksanakan hal ini, berlian tidak sedang diiikat dalam bentuk cincin, liontin, dll.
Memanaskan Berlian
Gunakan korek api untuk memanaskan berlian selama 30 detik kemudian pribadi masukan kedalam air dingin, Jika berlian Anda asli, maka tidak akan pecah atau retak, sedangkan kalau berlian itu palsu maka akan pecah atau retak seketika itu juga.

 

Itulah Cara Mengetahui Berlian Asli Atau Palsu yang bisa Anda lakukan. Yang harus Anda perhatikan yaitu belilah berlian di toko permata yang telah terpercaya dan pastikan kalau berlian yang Anda beli telah mempunyai Sertifikat yang berasal dari otoritas evaluasi menyerupai LGP, AGSL, PGGL, GIA atau dari organisasi Profesional. Semoga bermanfaat.