Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Mendengkur atau ngorok dikala tidur sering terjadi pada setiap orang, terutama pada orang dewasa. Ada beberapa faktor yang sanggup mengakibatkan seseorang tidur mendengkur menyerupai faktor usia, berat badan, posisi tidur, duduk kasus pada hidung, mengkonsumsi obat-obatan, dan lain sebagainya. Mendengkur tidak hanya besar lengan berkuasa pada kualitas tidur Anda, namun juga sanggup mengganggu orang lain yang tidur bersama Anda atau pasangan Anda, apalagi kalau dengkuran itu terdengar sangat keras.
Selain sangat mengganggu, mendengkur juga sanggup meningkatkan resiko terkena penyakit menyerupai gangguan pernapasan, stroke dan penyakit jantung. Untuk itu, bagi Anda yang selalu tidur mendengkur, sebaiknya hal itu segera diatasi. Berikut ini beberapa tips menghilangkan  kebiasaan mendengkur yang sanggup Anda lakukan :
Mengubah Posisi Tidur
Jika Anda terbiasa tidur terlentang dan hal itu mengakibatkan tidur Anda mendengkur, maka sebaiknya posisi tersebut diubah. Tidur terlentang sanggup menciptakan pangkal pengecap dan langit-langit lunak pada lisan menutupi dinding tenggorokan sehingga mengakibatkan getaran bunyi dikala tidur. Untuk itu sebaiknya Anda mengubah posisi tidur Anda dengan posisi menyamping.
Menjaga Kebersihan Bantal
Mendengkur sanggup timbul lantaran adanya alergi yang disebabkan oleh suatu zat atau kotoran yang ada pada bantal Anda. Untuk itu sebaiknya kebersihan bantal yang Anda gunakan selalu diperhatikan. Cobalah untuk menjemur dan mengganti sarung bantal secara teratur.
Hindari Alkohol dan Obat Tidur
Meminum minuman yang mengandung alkohol dan mengkonsumsi obat tidur sanggup menjadi penyebab tidur Anda mendengkur., alasannya ialah kedua hal tersebut akan menciptakan otot-otot pada leher menjadi lebih rileks sehingga kemungkinan besar akan mengeluarkan bunyi dengkuran. Sebaiknya jangan meminum minuman beralkohol 3 hingga 5 jam sebelum tidur.
Menurunkan Berat Badan
Kelebihan berat tubuh sanggup mengakibatkan tidur Anda mendengkur, alasannya ialah jaringan lemak disekitar leher akan menyababkan tenggorokan menyempit dikala berbaring sehingga akan mengeluarkan bunyi dengkuran.
Tidur Cukup Waktu
Tidur dengan waktu yang tidak teratur atau kurang tidur sanggup menciptakan tidur Anda mendengkur. Kurang waktu tidur sanggup menciptakan tubuh Anda mengalami kelelahan dan otot-otot menjadi lebih lemah sehingga sanggup menjadikan dengkuran dikala Anda tidur.
Mendengkur bisa diatasi dengan cara mengetahui penyebabnya. Menerapkan contoh hidup sehat menyerupai rajin berolahraga sanggup mencegah tidur mendengkur. Semoga bermanfaat.