Cara Charge Baterai Smartphone Supaya Lebih Awet

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada sebuah smartphone. Saat ini kapasitas baterai pada smartphone menjadi salah satu yang sangat diperhatikan oleh para pengguna-nya, terutama bagi mereka yang bahagia memainkan game online di smartphone mereka. Daya tahan baterai yang bisa bertahan usang menjadi salah satu kelebihan pada smartphone yang selalu disajikan oleh setiap vendor smartphone. Namun demikian, sebesar apapun kapasitas baterai smartphone, bila tidak dilakukan perawatan dengan baik, maka umur pemakaian baterai tidak akan sanggup bertahan lama.
Bahan dasar baterai smartphone yang dipakai ketika ini sudah memakai materi lithium-ion, untuk itu perawatan yang dilakukan tentunya juga berbeda dengan baterai sebelumnya yang masih memakai materi nikel. Salah satu perawatan baterai smartphone ialah dengan cara melaksanakan charge yang benar. Berikut ini tips nge-charge baterai semoga lebih awet :
Jangan charge baterai smartphone sampai penuh
Mengisi atau charge baterai bagi para pemilik smartphone ialah aktivitas yang selalu mereka lakukan manakala isi baterai telah berkurang atau habis. Namun banyak diantara mereka yang salah dalam melaksanakan pengisian baterai. Mereka sering mengisi baterai sampai penuh 100% atau sering membiarkan charge baterai semalaman. Agar baterai smartphone Anda menjadi lebih awet, maka sebaiknya jangan mengisi baterai sampai penuh 100%. Sebaiknya mengisi baterai pada kisaran 30% sampai 80% semoga daya tahan baterai smartphone menjadi lebih awet.
Jangan menunggu baterai smartphone kosong sampai 0%
Banyak pengguna smartphone yang melaksanakan pengisian baterai sesudah baterai kosong 0% atau sampai smartphone mati. Pengisian baterai yang dimulai dari 0% akan membutuhkan waktu yang usang sampai baterai terisi penuh. Charge baterai yang sering terlalu usang sanggup mengurangi stabilitas baterai dan menciptakan sistem pada baterai terganggu. Sebaiknya lakukan pengisian dimulai dari kisaran 30% sampai 80% saja.
Jangan charge baterai smartphone sambil digunakan
Sebagaian besar pengguna smartphone sering menyepelekan hal ini yaitu memakai smartphone mereka dalam kondisi sedang di charge. Selain menambah jumlah tagihan listrik, hal ini juga akan menciptakan baterai bekerja ekstra keras untuk menghasilkan daya. Jika dilakukan ketika baterai sudah terisi penuh, maka akan menimbulkan baterai menjadi cepat panas sehingga usang kelamaan baterai menjadi menggelembung dan kesudahannya rusak.
Charge baterai pribadi ke terminal listrik
Untuk menghindari smartphone kehabisan baterai ketika dalam perjalanan atau ketika dipakai membuka aplikasi, maka para pengguna smartphone seringkali memanfaatkan baterai portable atau powerbank untuk nge-charge baterai. Seringnya memakai powerbank untuk nge-charge baterai ialah cara yang salah sebab akan menciptakan daya tahan baterai berkurang. Powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan daya yang stabil dan sesuai dengan spesifikasi smartphone. Sebaiknya ketika nge-charge baterai smartphone, lakukan secara pribadi ke terminal listrik.
Gunakan charger original
Sebaiknya biasakan untuk selalu memakai charger original atau charger bawaan ketika isi ulang baterai smartphone Anda. Charger non original atau bajakan seringkali menghasilkan output arus listrik yang tidak sesuai dengan apa yang tertera pada kemasan sehingga hal tersebut sanggup merusak smartphone Anda. Menggunakan charger yang bukan original juga sanggup menciptakan baterai smartphone Anda menjadi lebih boros.
Demikian Cara Charge Baterai Smartphone Agar Lebih Awet yang bisa Anda lakukan. Dengan melaksanakan charge baterai smartphone secara tepat, maka umur pemakaian baterai smartphone Anda akan menjadi lebih lama. Semoga bermanfaat.