Berikut Jajanan Kue Basah Yang Bisa Jadi Cemilan Enak

Tidak enak rasanya kalau habis makan tidak mengemil. Maka banyak orang yang mengonsumsi yang manis setelah makan. Mengonsumsi yang manis setelah makan biasanya akan membuat proses makan selesai. Artinya kita tidak ingin makan apa-apa lagi dan rasanya sudah lengkap. Cemilan manis setelah makan biasanya orang Indonesia adalah kue. Kue yang dipilih ada kue tradisional atau kue kekinian. Nah, kue tradisional biasanya dikategorikan kue basah. Jadi kalau orang bilang kue basah, cenderung diberikan jajanan tradisional khas Indonesia. Enak kok jajanan kue basah. Harganya murah lagi. Penasaran apa saja jajanan kue basah?

Berikut beberapa jajanan kue basah yang enak sekali.

  1. Dadar Gulung

Dadar gulung adalah kue basah yang memiliki rasa yang manis sekali. Dadar gulu ini terbuat dari tepung terigu, telur, dan gula yang diberi air. Kemudian dicetak seperti lembara lumpiah. Kemudian diisi dengan kelapa parut yang manis. Kelapa parut akan dimasak dengan gula merah biasanya. Kemudian diisikan ke kulitnya tadi. Lalu digulung. Nah untuk varian isi, biasanya juga ada yang berwarna hijau. Jadi kelapa aprut dimasak dengan gula putih lalu diberikan pewarna makanan pandan. Kulitnya juga ada yang berwarna cokelat dan hijau. Tentu adonan kulitnya ditambahkan pewarna makanan cokelat dan juga hijau.

  1. Kue Lumpur

Kue yang satu ini juga menjadi jajanan kue basah yang kini banyak dicari. Jajanan ini dinamakan kue lumpur karena ketika digigit, sangat lumer dimulut. Nah, rasanya juga manis sekali. Jajanan ini berbentuk bulat dan gepeng. Jajanan ini biasanya diberikan topping kismis untuk mengimbangi rasa lumpur yang manis. Lumpur sendiri terbuat dari tepung terigu, telur, mentega dan kentang. Nah jika anda penasaran bagaimana rasanya. Anda bisa membeli kue lumpur ini di pasar tradisional atau toko kue.

  1. Naga Sari

Jajanan kue basah yang satu ini mempunyai berbagai nama di berbagai daerah. Ada yang menyebutnya lambing sari, nogo sari dan lainnya. Namun bentuk dari kuenya sama. Kue ini dibuat dari adona tepung beras dan campuran lainnya. Kue ini dibungkus daun pisang dan memiliki isian pisang. Banyak disukai karena perpaduan antara kue yang lembut dan manisnya pisang. Jajanan naga sari biasanya dijadikan sajian saat ada acara pengajian di rumah.

  1. Kue Lapis

Kue basah yang satu ini sangat cantik dan manis. Kue lapis memiliki penampilan yang berlapis-lapis seperti namanya. Biasanya kue lapis akan memiliki lapisan antara hijau dan putih, merah dan putih, cokelat dan putih. warna kreasi lainnya bisa. Tergantung dari pewarna makanan apa yang kita pilih. Nah, kue lapis ini dalam proses memasaknya menggunakn santan. Sehingga tidak begitu tahan lama. Jadi lebih baik simpan dalam kulkas jika sudah lama.

  1. Kue Bugis

Kue basah yang ini bentuknya mirip piramida yang ada di Mesir. Nah proses pembuatannya pun cukup sulit karena ketika dibungkus daun pisang, kita harus sering mengoleskan minyak di tangan agar tidak lengket. Mengingat adonan kue ini sangat lengket. Kue ini juga memiliki isian yang manis seperti dadar gulung. Isiannya tentu saja adalah kelapa parut yang manis. Namun adonannya berbeda dari dadar gulung. Kue ini ketika dibuka bungkusannya, akan terlihat warna hijau yang cantik. Nah kue ini berminyak, jadi siapkan tisu untuk mengelap tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *