8 Mainan Edukasi Ini Cocok Untuk Anak Berusia 2 Hingga 3 Tahun

Saat anak berusia 2 hingga 3 tahun, mereka akan mengalami perkembangan yang sangat pesat, misalnya mereka akan mulai banyak berbicara dan sudah mulai bisa melakukan hal hal yang sederhana. Banyak juga orang yang berkata jika usia tersebut disebut golden age, yaitu usia dimana terjadinya perkembangan yang signifikan baik dari segi kepribadian ataupun kemampuan.

Supaya perkembangan mereka optimal, maka anda sebagai orang tua harus memberikan mainan edukasi yang sesuai untuk anak berdasarkan usianya. Lalu mainan edukasi yang cocok untuk anak berusia 2 hingga 3 tahun itu apa saja?

Berikut dibawah ini 10 mainan anak edukasi terbaik untuk anak 2 hingga 3 tahun diantaranya yaitu :

  1. Mainan Boneka Anjing Yang Dapat Bergerak Dan Bersuara

Anda bisa mengajarkan si kecil untuk menyayangi binatang sejak mereka kecil. Anda bisa memilih mainan berupa boneka anjing yang dapat bergerak dan bersuara sebagai sarana belajar dan sekaligus bermain bagi si kecil untuk belajar merawat binatang peliharaan. Mainan berbentuk anjing yang dapat mengeluarkan suara dan bergerak ini dilengkapi dengan tali sehingga membuatnya seperti dapat diajak jalan jalan.

Anda juga bisa mengajarkan si kecil tentang cara bagaimana memperlakukan hewan peliharaan dengan baik. Mainan boneka anjing ini dihadirkan dalam beberapa warna yang menarik seperti cokelat, cokelat tua, navy, dan juga ungu, sehingga anda bisa memilih warna yang sesuai dengan selera si kecil. Produk mainan dengan dimensi 23 x 11 x 25 cm ini cocok dimainkan oleh anak anak berusia 2 tahun ke atas.

  1. Momo Little Helper

Produk mainan Momo Little Helper ini bisa menjadi pilihan tepat saat anda ingin mengajarkan kebersihan kepada si kecil. Produk mainan yang berisi 9 alat kebersihan dengan beragam fungsi ini sangat cocok dijadikan sebagai sarana bermain peran bersama sang buah hati. Misalnya saja si kecil bisa berperan sebagai ibu rumah tangga yang sedang membersihkan rumah.

Dengan begitu si kecil akan lebih cepat mengerti konsep tentang menjaga kebersihan dan menggunakan alat alat kebersihan dengan cara menyenangkan. Produk mainan ini sudah mendapat label SNI (Standar Nasional Indonesia) sehingg kualitasnya cukup terjamin. Produk mainan yang cocok untuk anak 3 tahun ini aman digunakan karena terbuat dari bahan plastik yang kuat.

  1. Mainan Edukatif Geometri 4 Bentuk

Produk mainan dengan 4 bentuk ini cocok anda pilih saat ingin memperkenalkan beragam bentuk bangun dasar pada si kecil. Dimana beragam bentuknya itu seperti lingkaran, segitiga, dan segiempat. Adanya lubang pada setiap balok kayunya itu membuatnya bisa dimasukkan ke papannya. Saat memasukkan balok ke tempat yang sesuai, itu berarti si kecil sedang dilatih motorik halusnya.

Untuk masalah pewarnaan, produk mainan ini aman digunakan anak yang sudah menginjak usia 3 tahun karena terbuat dari bahan MDF (Medium Density Board) yang juga menggunakan cat nontoxic. Produk mainan dengan dimensi 27 x 6 x 6 cm ini juga dapat membantu anak melatih kemampuannya untuk mengidentifikasi bentuk yang tersedia supaya pas saat dipasangkan pada papan.

  1. Mainan Edukatif Kulintang 8 Tangga Nada

Produk mainan edukatif ini cocok anda pilih saat ingin memperkenalkan anak akan musik sejak dini. Mainan kulintang yang memiliki 8 tangga nada ini dapat membantu si kecil untuk belajar nada dan melatih kepekaan saraf pendengarannya. Anda juga bisa mengajakan si kecil tentang cara memainkan lagu sederhana dengan menggunakan produk mainan yang satu ini.

Tetapi tidak hanya itu saja karena dengan menggunakan mainan ini juga, gerakan motorik halus anak akan terlatih saat dirinya sedang berusaha mencari dinamik yang pas saat memainkannya. Beragam warna seperti pelangi pada produk mainan tersebut pastinya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi anak untuk mencoba memainkannya. Anda bisa memberikan produk mainan edukatif yang menarik ini pada si kecil yang sudah berusia 2 tahun ke atas.

  1. Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table

Produk mainan yang satu ini cocok dipilih saat anda ingin mengajarkan si kecil tentang ketangkasan sejak dini. Produk mainan memancing ini juga dapat melatih kesabaran anak saat dirinya sedang berusaha menangkap dan mengumpulkan ikan ikan didalamnya. Supaya terasa lebih menyenangkan anda bisa ikut bermain menemani si kecil.

Produk mainan ini juga dapat merangsang saraf pendengaran anak karena dapat mengeluarkan alunan musik. Produk mainan dengan dimensi 41 x 32 x 33 cm ini juga dapat membantu anda untuk memperkenalkan beragam biota dan benda benda yang biasanya ditemukan di laut atau pantai pada anak yang sudah berusia 3 tahun.

  1. DIY Dream Kitchen

Kebanyakan anak berusia dini suka sekali memperhatikan dan terkadang penasaran dengan aktivitas yang dilakukan ibunya di dapur. Dengan produk mainan yang satu ini, anda dapat mengajak sekaligus melatih kreativitas si kecil sambil bermain main masak masakan di dapur mini miliknya. Adanya sayur mayur plastik berwarna warni dapat melatih anak untuk berkreasi dengan masakan yang ingin dibuatnya.

Produk mainan dengan dimensi 29 x 13 x 28 cm ini terdiri dari beragam perabotan yang biasanya ada di dapur. Dan bahkan keran airnya juga dapat diisi dan mengeluarkan air sungguhan. Anak juga bisa belajar membiasakan dirinya untuk mencuci perabotan setelah menggunakannya untuk memasak. Anak yang sudah berusia 3 tahun pastinya akan betah memainkan produk mainan ini.

  1. Mainan Edukasi Puzzle Alfabet Dan Angka

Meski si kecil masih berusia dini, tetapi tidak ada salahnya mulai diperkenalkan akan huruf dan angka dengan cara menyenangkan, misalnya saja dengan menggunakan produk mainan Puzzle Alfabet dan Angka ini. Produk mainan dengan bentuk seperti puzzle ini mengharuskan si kecil untuk mencocokkan dan memasukkan huruf atau angka ke papannya.

Dengan menggunakan produk mainan yang satu ini, anak tidak hanya akan mulai belajar mengenal huruf dan angka saja, tetapi juga dapat melatih kemampuannya untuk berpikir dengan cara yang lebih mengasyikan. Produk mainan warna warni dari bahan MDF ini juga dapat digunakan si kecil yang sudah berusia 3 tahun. Sehingga produk ini cocok dijadikan sebagai hadiah saat anak masuk ke playgroup.

  1. 3D Animal Block Puzzle

Produk mainan 3D Animal Block Puzzle ini cocok anda pilih saat ingin memperkenalkan beragam binatang pada anak sekaligus melatih sisi kreatifnya. Produk mainan dengan desain geometris ini terdiri dari 12 jenis binatang yang bisa juga disusun sebagai puzzle. Karena si kecil dapat mengeksplorasi berbagai cara untuk dapat menyusunnya kembali sehingga akan terasah daya pikirnya. Produk mainan ini juga memiliki warna dan pola yang beragam sehingga dapat merangsang dan meningkatkan perkembangan visual si kecil. Tetapi dilihat dari tingkat kesulitannya, produk mainan yang satu ini lebih cocok untuk anak yang sudah berusia 3 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *